WELCOME TO MY BLOG ::

Selamat Datang Sahabat. Semoga kita menjadi saudara sejati, ketika KLIK anda mengantar masuk space ini semoga bukan ruang hampa yang menjenuhkan. Sangat tersanjung anda berkenaan membaca sejenak apapun yang tersaji disini. Sejurus lalu, meninggalkan komentar, kritik atau pesan bijak buat penghuni blog. Ekspresi anda dalam bentuk tulisan adalah ungkapan abstrak banyak keinginan yang ingin kita gapai. So, berekspresilah dengan tulus dan semangat. Mari kita pupuk semangat dan cita-cita tinggi.
OK

Kamis, 24 Desember 2009

SEA URCHINS (BULU BABI)


By. Muhammad Fahri*
* Mahasiswa Perikanan

Bulu babi atau urchin adalah binatang kecil, berbentuk bulat, bertulang belakang, yang merupakan bagian dari kelas Echinoidea. Bulu babi ditemukan seluruh samudra di dunia. Kulit atau "Test", mebentuk putaran dan bertulang belakang, secara khas dari 3 sampai 10 cm berhadapan. Warna umum hitam dan paduan dari hijau olive,, zaitun, coklat, ungu, dan merah. Pergerakkan pelan, Makanan kebanyakan dari ganggang. Berang-Berang Laut, Ikan belut Serigala, dan pemangsa lain merupakan predator bulu babi. Bulu babi juga dipanen oleh manusia dan rusa kecil sebagai makan yang lezat.

Bulu babi adalah anggota phylum Echinodermata, meliputi bintang laut, ketimun laut, bintang rapuh, dan crinoids. Seperti echinoderms lain bulu babi mempunyai bentuk lima simetri (disebut pentamerisme) dan pergerakkan denga pertolongan ratusan tiny kecil, transparan, melekat " kaki tabung ". Pentamerous simetri tidak jelas nyata pada peristiwa kebetulan tetapi mudah dilihat di kulit bulu babi kering atau test.
Bersama dengan ketimun laut (Holothuroidea), menyusun subphylum Echinozoa, yang digambarkan terutama mempunyai bentuk globoid tanpa lengan atau memproyeksikan sinar. Ketimun Laut dan echinoids irregular mempunyai perubahan bentuk berbeda. Walaupun banyak ketimun laut mempunyai lengan bercabang disekeliling pembukaan mulutnya, ini berasal dari modifikasi kaki tabung dan tidak sama dengan lengan dari crinoids, bintang laut dan bintang rapuh.

Anatomi Dan Fisiologi

Pada mulanya, bulu babi sering terlihat sessile (diam), yaitu. tidak mampu untuk yang bergerak. Kadang-kadang tanda kehidupan yang paling menyolok adalah tulang belakang, yang dipasang pada dasar ke sendi peluru dan dapat menunjuk ke segala arah.

Kebanyakan bulu babi, sentuhan cahaya menimbulkan gerakan dan reaksi yang dapat terlihat dari tulang belakang, yang memusat ke arah titik yang disentuh. Bulu babi tidak punya mata yang dapat melihat, kaki, atau alat bergerak, tetapi dapat bergerak dengan bebas di atas permukaan atas pertolongan pelekatan kaki tabungnya, bekerja bersama dengan tulang belakang.

Diatas permukaan mulut bulu babi yaitu lokasi pertengahan mulut dapat menyusun lima gigi kalsium karbonat yang dipersatukan atau jaws, dengan struktur seperti lidah di dalam. Keseluruhan organ pengunyahan dikenal sebagai Lentera Aristotle's, nama yang berasal dari deskripsi akurat Aristotle's dalam Story of Animals nya:

… bulu babi mempunyai apa yang disebut kepala dan mulut menurun, and ditempatkan untuk isu residu atas di atas. Bulu babi juga mempunyai, lima gigi berongga di dalam, dan pada pertengahan gigi ini terdapat unsur gemuk yang melayani lidah. Kemudian kerongkongan, dan kemudian perut, dibagi menjadi lima bagian, dan terisi dengan kotoran ekskresi, semua lima bagian dipersatukan pada lubang anal, di mana kulit dilubangi untuk suatu saluran pembuangan... Pada kenyataannya anggota mulut bulu babi berlanjut dari suatu akhir ke lain, tetapi pada penampilan luar tidak demikian, tetapi kelihatan seperti suatu lentera tanduk dengan kaca tanduk dihilangkan. (Tr. D'Arcy Thompson)

Bulu babi membangun spicules, dari kristal yang tajam "tulang" itu yang mendasari endoskeleton pada fase larval. Spicule secara penuh dibentuk terdiri atas kristal tunggal dengan marfologi tidak biasa. tidak punya segi dan di dalam 48 jam dari asumsi pembuahan menjadi bentuk yang terlihat sangat mirip dengan Logo Mercedes-Benz.

Tulang belakang, dalam beberapa jenis adalah panjang dan tajam, berfungsi untuk melindungi bulu babi dari pemangsa. Tulang belakang dapat menimbulkan luka menyakitkan pada manusia jika terinjak diatasnya, tetapi tidak berbahaya serius, dan tidak dijelaskan bahwa tulang belakang sangat beracun (tidak sama dengan pedicellariae antara tulang belakang, yang beracun).

Bulu babi secara khas mempunyai tulang belakang yang panjangnya antara 1 sampai 3 cm, tebal 1 sampai 2 mm, dan tidak tajam. Diadema Antillarum, umum dikenal dengan Caribbean, mempunyai tulang belakang tipis, berpotensi berbahaya yang dapat mencapai panjang 10 sampai 30 cm. Beberapa tulang belakang bulu babi adalah beracun.

Ekologi

Makanan Bulu babi sebagian besar adalah ganggang, tetapi dapat juga hidup dengan cakupan luas dari hewan tak bertulang punggung seperti kupang, spons / bunga-karang, bintang rapuh dan crinoids. (Baumiller, Tomasz K. 2008) Bulu babi adalah salah satu dari makanan favorit berang-berang laut dan juga sumber nutrisi utama untuk ikan belut serigala. Jika tidak dikendalikan, bulu babi akan merusak lingkungan yang diciptakan oleh ahli biologi yang disebutsea urchin barren, tanpa macroalgae dan asosiasi fauna. Di mana berang-berang laut direintrodusikan di British Columbia, kesehatan ecosystem pantai meningkatkan secara dramatis

Bulu babi adalah salah satu dari model organisme tradisional dalam pengembangan biologi. Penggunaan bulu babi didalam konteks ini memulai dari era 1800an, ketika pengembangan embrio dari bulu babi mudah diamati dengan mikroskop. Bulu babi merupakan jenis pertama di mana sel sperma terbukti berperan penting didalam reproduksi oleh pembuahan sel telur.

Dengan peruntunan (sequencing) genome terbaru dari bulu babi, homology telah ditemukan antara bulu babi dan gen sistem kekebalan pada hewan bertulang belakang. Kode Bulu babi sedikitnya 222 gen Toll-like receptor (TLR) dan lebih dari 200 gen berhubungan dengan Nod-Like-Receptor (NLR) yang ditemukan pada keluarga vertebrates (Rast, JP et al. 2006). Ini membuat bulu babi menjadi organisme model berharga untuk para ahli immunologis untuk mempelajari evolusi dari imunitas bawaan.

Anatomi dewasa: Bulu babi dewasa mempunyai lima sisi simetri radial. Kulit keras, plat berkapur, disebut test. Bulu babi mempunyai badan berbentuk bulat dan tulang belakang yang panjang menyebar dari badan. Tulang belakang digunakan untuk perlindungan, untuk bergerak, dan untuk mengapung mengerat ganggang untuk makanan. Di antara tulang belakang terdapat lima dipasang baris dari tabung kecil kaki dengan pengisap yang membantu penggerakan, menangkap makanan, dan menempel pada dasar laut. Pedicellarines kecil struktur untuk menyengat yang digunakan untuk pertahanan dan untuk memperoleh makanan. Seperti semua echinoderms, bulu babi tidak mempunyai otak. Mulut seperti kuku dan terletak pada bagian bawah mempunyai 5 plat seperti gigi yang menunjuk ke arah dalam disebut Lentera Aristotle's. Anus dan pori-pori genital bulu babi berada di atas.

Diet: Bulu babi makan tumbuhan dan binatang, mencakup tumbuhan laut yang besar, bahan hasil pembusukan, ganggang, ikan mati, bunga-karang, kupang, dan teriti).

Pemangsa : Bulu babi dimangsa oleh ketam, bintang laut, keong, berang-berang laut, beberapa burung-burung, pemakan ikan (teramsuk ikan belut serigala), dan manusia.

Reproduksi: Pembuahan eksternal. Bulu Babi betina melepaskan beberapa juta telor kecil yang dibungkus cairan gel pada waktu yang sama. Telor atau sperma dilepaskan melalui lima gonopores. Perkembanga, larva kecil (disebut pluteus, mempunyai bi-lateral simetri) berenang di laut dan sperti komponen zooplankton. Setelah beberapa bulan bulu babi muda terbentuk. Waktu dari pembuahan sampai usia dewasa reproduktif adalah dari 2sampai 5 tahun.

Klasifikasi: Kerajaan Animalia (Binatang), Phylum Echinodermata (echinoderms), Kelas Echinoidea (Bulu Babi).

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda :

NASA Image of the Day

PROFIL PENGHUNI

Foto saya

elfahrybimantara*  Aktifitas mengajar disiplin bidang kelautan dan perikanan. Konsern dengan dunia kelautan dan perikanan. Senang dengan wisata bahari. Mengabdi di Pemkab Bima NTB. Pendidikan Magister Perikanan di Universitas Brawijaya Malang (strata 2) pada bidang bioteknology perikanan. Mari bertukar informasi. Salam Sahabat Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

SAHABAT MAYA :

SEARCH LINK :

Memuat...

Label List

VISIT TOROWAMBA BEAUTY BEACH

VISIT TOROWAMBA BEAUTY BEACH
torowamba as one of tourism asset in sape bima

NEW MOTIVATION :

SUNGGUH SANGAT MEMALUKAN JIKA KAPAL BESAR KITA BERBALIK HALUAN KEBELAKANG HANYA UNTUK MENGURUS SAMPAN KECIL MASALAH. AYO !!! MAJU TERUS BRO !
Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates