WELCOME TO MY BLOG ::

Selamat Datang Sahabat. Semoga kita menjadi saudara sejati, ketika KLIK anda mengantar masuk space ini semoga bukan ruang hampa yang menjenuhkan. Sangat tersanjung anda berkenaan membaca sejenak apapun yang tersaji disini. Sejurus lalu, meninggalkan komentar, kritik atau pesan bijak buat penghuni blog. Ekspresi anda dalam bentuk tulisan adalah ungkapan abstrak banyak keinginan yang ingin kita gapai. So, berekspresilah dengan tulus dan semangat. Mari kita pupuk semangat dan cita-cita tinggi.
OK

Selasa, 05 Oktober 2010

KERANGKA KONSEP PENELITIAN

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA FLAVONOID SERTA UJI TOKSISITAS EKSTRAK METANOL DARI ALGA COKLAT Sargassum cristaefolium
Oleh : Muhammad Fahri, S.Pi. M.Pi


Kerangka Konsep Teoritis

Penelitian pendahuluan sangat diperlukan dalam upaya mencari informasi kandungan fitokimia dan potensi senyawa yang dapat menjadi alternatif pemanfaatannya dimasa depan dari bahan alam khususnya dari tumbuhan laut.

Untuk mengetahui kandungan senyawa bioaktif flavonoid dari alga coklat S. cristaefolium, belum banyak dilakukan. Sehingga perlu dilakukan pengujian fitokimia yang lebih mendalam untuk mengetahui kandungan senyawa flavonoid pada S. cristaefolium dengan metode isolasi dan identifikasi senyawa, serta pengujian daya toksisitas ekstrak senyawa pada A. salina.

Alur kerangka pikir dalam penelitian ini adalah ekstraksi senyawa dengan metode maserasi bertingkat menggunakan pelarut organik dengan tingkat kepolaran berbeda yaitu non polar, semi polar dan polar. Hasil berupa ekstrak kasar masing-masing pelarut tersebut dilakukan uji pre-skrining pada hewan uji dengan uji toksisitas metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) untuk mengetahui kemampuan ekstrak senyawa untuk menyebabkan kematian pada hewan uji A. salina L sehingga diketahui nilai LC50 senyawa tersebut. Nilai LC50 adalah kemampuan senyawa dapat menyebabkan kematian hewan uji sebanyak 50 % pada konsentrasi kurang dari 1000 ppm.

Ekstrak senyawa yang bersifat toksik dengan konsentrasi kurang dari 1000 ppm dilanjutkan dengan isolasi dan identifikasi untuk mengetahui jenis kandungan senyawa bioaktif yang terdapat dalam ekstrak tersebut. Isolasi dan indentifikasi senyawa flavonoid menggunakan metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT), High Pressure Liquid Chromatography (HPLC), Spektroskois Ultraviolet-Cahaya Tampak (UV-vis), Spektroskopis Infrared (FT-IR).


1 komentar:

dian's daily mengatakan...

halo mas elfahry..saya dian..salam kenal ya..langsung saja..saya sedang skripsi..dan skripsi yang saya ambil berjudul persis dengan tulisan mas diatas..apa saya boleh meminta full version dr tulisan mas ini..dimana saya bisa mendapatkannya sebagai tambahan referensi saya?terimaksih sebelumnya

Poskan Komentar

Komentar Anda :

NASA Image of the Day

PROFIL PENGHUNI

Foto saya

elfahrybimantara*  Aktifitas mengajar disiplin bidang kelautan dan perikanan. Konsern dengan dunia kelautan dan perikanan. Senang dengan wisata bahari. Mengabdi di Pemkab Bima NTB. Pendidikan Magister Perikanan di Universitas Brawijaya Malang (strata 2) pada bidang bioteknology perikanan. Mari bertukar informasi. Salam Sahabat Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

SAHABAT MAYA :

SEARCH LINK :

Memuat...

Label List

VISIT TOROWAMBA BEAUTY BEACH

VISIT TOROWAMBA BEAUTY BEACH
torowamba as one of tourism asset in sape bima

NEW MOTIVATION :

SUNGGUH SANGAT MEMALUKAN JIKA KAPAL BESAR KITA BERBALIK HALUAN KEBELAKANG HANYA UNTUK MENGURUS SAMPAN KECIL MASALAH. AYO !!! MAJU TERUS BRO !
Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates