WELCOME TO MY BLOG ::

Selamat Datang Sahabat. Semoga kita menjadi saudara sejati, ketika KLIK anda mengantar masuk space ini semoga bukan ruang hampa yang menjenuhkan. Sangat tersanjung anda berkenaan membaca sejenak apapun yang tersaji disini. Sejurus lalu, meninggalkan komentar, kritik atau pesan bijak buat penghuni blog. Ekspresi anda dalam bentuk tulisan adalah ungkapan abstrak banyak keinginan yang ingin kita gapai. So, berekspresilah dengan tulus dan semangat. Mari kita pupuk semangat dan cita-cita tinggi.
OK

Rabu, 04 Maret 2009

Kromosom Terakhir Genom Manusia Selesai Dikodekan


by : elfahry bima untuk dunia sains

Pengetahuan tentang kode gen manusia dapat mempengaruhi masa depan spesies manusia, sehingga peran DNA dalam membentuk struktur genetika yang unik perlu ditelaah lebih mendalam. Dengan mengetahui rangkaian gen pembentuk DNA manusia. Gambaran manusia saat ini adalah hasil evolusi dari jutaan tahun yang luar biasa dan baru dekade terakhir ini kita dapat memahami keajaiban yang menyusun kehidupan manusia

Upaya untuk mempelajari struktur genetika oleh para ahli dilakukan dalam rangka untuk mencari metode pengobatan efektif berbagai penyakit mematikan dari pewarisan (hereditas). Semua usaha ini terangkum dalam Human Genom Project

Proyek penyusunan kode genetik kromosom 1 dalam genom manusia telah selesai dilakukan dan dipublikasikan hasilnya kepada umum. Kromosom 1 adalah salah satu bagian terbesar genom manusia yang terakhir dikodekan dalam Proyek Genom Manusia (Human Genome Project).

Kromosom 1 memiliki jumlah gen hingga dua kali lipat kromosom pada umumnya dan menyusun sekitar 8 persen genom manusia. Sebagian gen dalam kromosom 1 berhubungan dengan lebih dari 350 penyakit, termasuk di antaranya beberapa jenis kanker, Parkinson, dan Alzheimer.

''Momentum ini melengkapi cerita Human Genome Project dan menandai gelombang baru penelitian dalam bidang biologi dan kedokteran yang memanfaatkan susunan genom manusia,'' kata Dr. Simon Gregory, profesor Universitas Duke yang memimpin proyek di Institut Sanger tersebut.

Penyusunan kode DNA kromosom 1 melibatkan sekitar 150 orang peneliti dari AS dan Inggris selama 10 tahun. Mereka menemukan bahwa kromosom 1 disusun oleh 3.141 gen dan 1.000 di antaranya merupakan gen-gen yang baru ditemukan.

''Interpretasi mengenai gen ini dan bagaimana gen-gen ini berinteraksi satu sama lain adalah target penelitian berikutnya, sebagai kelanjutan penelitian genom manusia,'' lanjut Gregory. Para peneliti berharap dapat memanfaatkan informasi dari susunan kode DNA genom manusia untuk mengembangkan cara diganosa dan pengobatan berbagai penyakit.

Penyelesaian kromosom terakhir dalam proyek penyusunan kode genetik genom manusia dilaporkan dalam jurnal Nature dan sudah tersedia untuk publik. Human Genome Project merupakan inisiatif komunitas internasional untuk mengkodekan setiap gen manusia yang sering disebut ’buku kehidupan’


Proyek ini dimulai tahun 1990 dan draft laporan susunan lengkap kode genom manusia telah dibuat sejak 2001. Namun, susunan kode genetik yang lebih akurat baru berhasil dibuat pada 2003.

Kromosom, yang berada pada inti setiap sel hidup, memiliki bentuk seperti benang. Setiap kromosom disusun oleh gen-gen yang merupakan pembawa sifat unik setiap individu. Genom manusia diperkirakan mengandung 20.000 hingga 25.000 gen.

Setiap kromosom dibentuk oleh sebuah molekul DNA dalam bentuk ulir ganda (double helix) yang tersusun oleh empat jenis basa yaitu adenine (A), thyamine (T), guanine (G), dan cytosine (C). Susunan basa-basa inilah yang disebut kode genetik.

Harapan baru Teknologi genetik untuk sebuah kehidupan manusia yang lebih panjang. Harapan banyak orang. Atau minimal memperlambat proses penuaan berlangsung pada umat manusia, juga, jangan-jangan akan menambah beban bumi ini yang telah dihuni oleh lebih dari 6 milyar manusia diatasnya? Usia manusia lebih panjang khan?

Teknologi hanya menawarkan kemungkinan dan harapan semata, semua kembali kepada manusia sebagai khalifah dibumi untuk menentukan apa yang diinginkan saat kita sudah mengetahui rahasia kekuatan gen.

* dari berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda :

NASA Image of the Day

PROFIL PENGHUNI

Foto saya

elfahrybimantara*  Aktifitas mengajar disiplin bidang kelautan dan perikanan. Konsern dengan dunia kelautan dan perikanan. Senang dengan wisata bahari. Mengabdi di Pemkab Bima NTB. Pendidikan Magister Perikanan di Universitas Brawijaya Malang (strata 2) pada bidang bioteknology perikanan. Mari bertukar informasi. Salam Sahabat Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

SAHABAT MAYA :

SEARCH LINK :

Memuat...

Label List

VISIT TOROWAMBA BEAUTY BEACH

VISIT TOROWAMBA BEAUTY BEACH
torowamba as one of tourism asset in sape bima

NEW MOTIVATION :

SUNGGUH SANGAT MEMALUKAN JIKA KAPAL BESAR KITA BERBALIK HALUAN KEBELAKANG HANYA UNTUK MENGURUS SAMPAN KECIL MASALAH. AYO !!! MAJU TERUS BRO !
Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates